Media Relation : Pengertian, Definisi, Fungsi & Manfaatnya

Pengertian Media Relation

Pengertian Media Relation

Media Relation atau bisa juga disebutkan Relasi Media merupakan kegiatan menjalin hubungan/relasi dengan media massa, wartawan atau pers untuk menjalin kerjasama dan hubungan baik oleh suatu organisasi, yang nantinya akan berpengaruh pada pemberitaan atau message dalam media massa itu sendiri buat menjaga kesan positif dari suatu organisasi yang dinaunginya.

Dalam pekerjaan hubungan masyarakat,  media relation juga kerap kali diketahui sebagai penanganan krisis dengan memberitakan perihal hal-hal positif seputar perusahaan ketika perusahaan sedang dilanda isu negatif.

Pada saat krisis metode terbaik penanganan relasi media oleh public relation yaitu dengan mengakui dan mengkoreksi kesalahan dengan menginfokan usaha-usaha ke depan & berita berita positif. Dalam hal ini baik media massa maupun public relation dalam posisi saling memanfaatkan dan saling diuntungkan satu sama lain.

Fungi Media Relation :

  1. Menaikkan citra perusahaan
  2. Menolong perusahaan keluar dari isu negative
  3. Menaikkan hubungan dari berbagai publik
  4. Menaikkan kepercayaan publik terhadap produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan
  5. Menciptakan image positif suatu perusahaan di mata masyarakat

Banyak cara yang diterapkan praktisi public relation dalam upayanya untuk membangun hubungan media yang baik dengan media massa, berikut cara nya :

  1. Media Release: cara ini kerap kita dengar sebagai Press Release, yang dimaksud dengan Press Release merupakan teks berita yang dihasilkan oleh praktisi public relation mengenai isu atau pengenalan produk dan sosialisasi kebijakan kepada wartawan dengan harapan akan dimuat dalam media massa.
  2. Konferensi Pers : cara ini kerap kali kita dengar, terutama dalam dunia Media Elektronik Tv. Bagi seorang public relation Konferensi Pers sangat efektif untuk isu yang terjadi dalam organisasi tersebut
  3. Kunjungan Pers: cara Kunjungan Pers hampir sama adalah mengundang wartawan untuk datang, yang membedakan yaitu situasi yang sedang dihadapi oleh organisasi.
  4. Resepsi Pers : cara ini diterapkan untuk menjalin hubungan informal antar public relation dengan wartawan. Justru hubungan informal inilah yang bisa diterapkan senjata bagi seorang public relation saat dituntut untuk cepat menginfokan klarifikasi isu dalam media massa.

Contoh seorang public relation menjalin kerja sama dengan media. disini kita berikan sample case study. Misal seorang klien yang ingin menyebar luaskan informasi positif tentang kebudayaan & kultur di Indonesia. Klien ini mempunyai objective seperti dibawah :

  1. Untuk menciptakan hubungan yang setimbang dan berkelanjutan yang dilandasi oleh rasa saling percaya dan menghormati sesama kultur di Indonesia.
  2. Untuk mendapatkan pengetahuan kebudayaan di Indonesia sebanyak mungkin.
  3. Untuk mendapatkan tempat dalam pemberitaan kultur di Indonesia dan berimbang mengenai ha-hal yang menguntungkan kebudayaan di Indonesia.
  4. Untuk melengkapi data/ info yang berhubungan dengan budaya di Indonesia serta cara kita melestarikan budaya Indonesia.
  5. Untuk mendapatkan feedback dari masyarakat mengenai kebudayaan di Indonesia.

Disini tugas praktisi pubic relation harus bekerja sama dengan baik dengan pihak media massa, pers atau wartawan. agar objective diatas tercapai. nah disini yang dimaksud media relation. proses bekerja sama saling menguntungkan antara PR & Media. PR membuatkan press release yang baik seputar kebudayaan indonesia diteruskan dengan distribusi release ke media massa.

Baca juga : Apa itu Press Release?

Aktivitas hubungan media

Untuk melaksanakan hubungan dengan media, aktivitas yang bisa dilaksanakan antara lain sebagai berikut :

  1. Kunjungan Media. Kegiatan kunjungan media yang dilaksanakan oleh perusahaan dengan metode mengunjungi kantor media.
  2. Konferensi Pers. Pertemuan yang dibikin untuk wartawan, sehingga mereka mendapatkan informasi terupdate mengenai suatu berita tertentu.
  3. Pertemuan Media. Acara pertemuan antara media dengan organisasi dengan suasana santai dan menghibur. untuk memperkuat hubungan organisasi dengan media.
  4. Pemantauan Media. Kegiatan yang dilaksanakan perusahaan/organisasi untuk memantau isu/berita yang terdapat di dalam media.
  5. Pengarahan Media. Kegiatan untuk memberikan perintah terhadap media yang akan meliput acara secara khusus.
  6. Press Workshop. Pelatihan yang diberikan oleh perusahaan kepada media mengenai topik-topik yang baru.
  7. Media Clipping. Kegiatan mengumpulkan berita-berita penting dari media massa yang diarsipkan sebagai bahan berita oleh perusahaan.

Jika anda tertarik ingin menyebarkan berita positif tentang perusahaan, organisasi, personal ataupun brand. Kalian bisa hubungi Akudigital Jasa Press Release

    Anda Punya Pertanyaan ?