Cara Penulisan Press Release yang Baik dan Benar

Cara Menulis Press Release yang baik dan benar

Tips dan Trik Cara Penulisan Press Release yang Baik dan Benar agar dapat dimuat di media massa online atau portal berita.

Membuat Press Release ternyata mempunyai tehnik tersendiri. Beda halnya jika kita menulis cerita atau novel  surat cinta. Hehehe.. biasanya dimulai dengan pendahuluan atau basa basi terlebih dahulu. Apakah ini berlaku sama dengan penulisan press release? Mau tau tips & trik cara menulis press release yang benar agar dapat dimuat di media? Yuk langsung aja kita jelaskan tips & triknya.

Jika kalian sudah membaca sebelumnya tentang apa itu press release. Tentunya kalian sudah tau kegunaan dari press release tersebut. Buat mengingat kembali, press release ini ialah sesuatu informasi  yang dikeluarkan oleh sesuatu organisasi/ industri dengan tujuan tertentu lewat media massa yang bisa berbentuk salah satu dari basic press release, product press release, ataupun financial press release.

Supaya press release yang kalian buat bisa penuhi klasifikasi buat diterbitkan pada media massa, kalian wajib ketahui metode penyusunan press release yang baik serta benar. Lewat metode penyusunan press release yang simpel ini, kita hendak bersama menekuni apa saja yang butuh kalian jalani saat sebelum, kala, serta sehabis menulis press release. Teknik- metode penyusunan press release tersebut bagaikan berikut:

1. Pikirkan serta cari intisari berita (Pesan Dasar)

Saat sebelum kalian mulai menyusun naskah press release, perihal awal yang harus kalian jalani merupakan memikirkan serta memastikan intisari dari informasi yang hendak kalian sampaikan lewat press release tersebut kepada warga. Dengan kata lain, kalian wajib memastikan tema/topik press release kalian terlebih dulu. Bila kalian telah memastikan tema, hingga tema tersebut bisa kalian peruntukan judul buat press release.

Tidak terbatas pada perihal tersebut saja, bila kalian merasa judul tersebut belum maksimal, hingga kalian juga dapat memastikan subjudul release yang berperan bagaikan pengembangan serta penajaman judul utama. Subjudul juga bisa kalian pakai seperti pemikiran dari press release yang kalian susun. Mengapa demikian? Sebab sub judul bisa kalian kembangkan sedemikian rupa supaya bisa mencerminkan isi dari press release kalian.

Berarti buat dikenal, gunakanlah judul yang unik sehingga pembaca tertarik buat membaca press release kalian. Perihal ini sangat berarti sekali. Alasannya, bagian awal yang hendak dibaca oleh pembaca merupakan judul serta subjudul (bila ada). Bila judul ataupun subjudul pada release kalian kurang menarik, bagaimana bisa pembaca hendak tertarik buat menyisakan waktunya untuk membaca release/berita kalian.

Kemudian gimana metode memastikan judul/ sub judul yang menarik? Kalian tidak butuh takut. Tiap manusia diberikan ide serta benak yang bisa berpikir kreatif. Salah satu metode dalam memastikan judul/ subjudul yang menarik merupakan dengan memantau  trend dikala ini serta memakainya bagaikan promotor judul kalian. Misalnya, Sekarang ini mainan Fidget Spinner sangat terkenal di masayarakat luas. Jadi kalian bisa menyematkan trend tersebut pada judul/ subjudul kalian. Tetapi, yakinkan trend tersebut serumpun dengan tema release kalian.

2. Pakai tata cara piramida terbalik

Sehabis kalian sukses memastikan tema, judul, serta subjudul( bila dibutuhkan), hingga sesi berikutnya merupakan metode penyusunan press release dengan tata cara piramida terbalik. Bisa jadi kalian sudah tidak awam lagi dengan perkata piramida terbalik ini. Ya, semacam penyusunan postingan feature, kalian pula memakai tata cara piramida terbalik. Tidak cuma sebatas postingan feature saja, sebagian tipe tulisan yang lain juga  memakai tata cara ini semacam penyusunan proposal kerjasama, riset, serta lain sebagainya.

Pemakaian tata cara piramida terbalik ini betul- betul sangat berarti buat menciptakan tulisan yang sangat menarik serta bermutu. Pada press release, bagian awal konten sehabis judul utama serta subjudul( bila terdapat) bisa kalian isi dengan lead (news lead). Pada bagian ini, kalian wajib menyusun rangkaian perkata sehingga membentuk paragraf yang bisa menerangkan isi dari totalitas release tersebut.

Mengapa news lead wajib merangkum segala isi release? Jawabannya simpel saja, sebab news lead ialah ujung tombak dari suatu press release. Mengapa demikian? Sebab kala pembaca membaca release kalian, bagian kedua yang hendak mereka baca sehabis judul merupakan lead. Bila lead pada release tidak menerangkan intisari dari release kalian, maka pembaca tidak dapat memperoleh informasi yang mereka butuhkan secara merata serta begitu pula kebalikannya.

3. Pakai faktor 5W+1H

Dalam menulis di media massa/surat kabar, faktor 5W+1H sangat berguna dalam mengantarkan informasi dengan tepat & benar. Faktor 5W+1H ialah patokan dasar dalam menyusun news lead pada press release kalian. Dengan memakainya, kalian telah sukses mengantarkan garis besar atas informasi  tersebut. Buat mengingat kembali, berikut  faktor 5W+1H:

What (Apa). Ialah informasi  apa yang hendak kalian sampaikan.

When (Kapan). Kapan aktivitas tersebut berlangsung

Who (Siapa). Siapa yang mengadakan aktivitas tersebut

Where (Di Mana). Di mana aktivitas tersebut dilaksanakan.

Why (Mengapa). Mengapa aktivitas tersebut dilaksanakan.

How (Bagaimana). Bagaimana detail  aktivitas yang dilaksanakan.

Walaupun tidak terdapat aturan khusus pada  urutan ke- 6 faktor tersebut, alangkah baiknya kalian menyusun news lead dengan urutan faktor di atas. Tetapi kalian masih dapat memodifikasi penyusunannya. Gunakanlah bahasa cocok EYD bila press release kalian dalam bahasa Indonesia.

Buat bagian isi/ konten press release, kalian bisa menerangkan news lead secara lebih mendalam. Pada paragraf ini, kalian dapat menerangkan sebagian faktor saja semacam what, why, serta how. Sebaliknya pada paragraf berikutnya, kalian dapat menerangkan faktor where, when, serta World Health Organization. Walaupun demikian, sekali lagi kami sampaikan urutan uraian faktor 5W+1H tidak mengikat serta bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan kamu

4. Pakai ilustrasi yang menarik

Pemakaian ilustrasi yang menarik pada press release bertujuan untuk  meningkatkan rasa keingintahuan pembaca atas release kalian. Dengan memakai foto ilustrasi yang menarik secara tidak langsung memberikan gambaran            kepada pembaca mengenai isi press release kalian. Tidak hanya itu, pemakaian gambar yang mempunyai nilai story telling pastinya tidak cuma sebatas guna estetika semata tetapi  bisa menaikkan kedalaman informasi.

5. Jalani pengecekan ulang, konfirmasi, serta pengiriman berita

Pengecekan ulang dicoba dengan tujuan buat kurangi typo( salah ketik) pada release kalian. Misalnya, kalian salah mengetik nama tokoh( baik itu nama utama maupun gelar), salah mengetik bertepatan pada aktivitas, informasi serta lain sebagainya. Lakukanlah pengecekan pada segala bagian press release. Tidak hanya itu, yakinkan pula kalian sudah mencantumkan contact person dengan tujuan supaya media bisa menghubungi kalian sewaktu- waktu apabila ada sebagian perihal yang mau dikonfirmasikan.

Sehabis draft press release disusun, kalian wajib meminta konfirmasi kepada atasan supaya release memperoleh persetujuan. Tetapi hendak lebih baik apabila kalian memperoleh konfirmasi langsung dari top management. Setelah itu release telah siap buat dikirimkan kepada media. Kalian bisa mengirimkannya lewat email.

Baca Juga : Jasa Distribusi Media Release di Indonesia

Ini juga penting untuk kalian ketahui, pada biasanya media mempunyai deadline- nya tiap- tiap buat menerima kiriman press release yang berkisar antara jam 15. 00 s. d. 17. 00 Wib. Ada baiknya kalian mengirimkan press release lebih dini, karena semakin cepat kalian mengirim press release, kemungkinan semakin besar kesempatan kalian buat memperoleh coverage pemberitaan yang tinggi. Sehabis media mengkonfirmasi penerbitan press release, jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada mereka.

Kalian sudah mengerti tata cara penulisan press release yang baik dan benar? Sudah saatnya berita anda tampil di media-media massa online terbesar di Indonesia seperti Tribunnews, Liputan 6, Sindonews, Vivanews dan lain-lain. Kalian bisa lihat disini. Akudigital Press Release. Proses Distribusi +20 Media Online Terbesar di Indonesia. Atau kalian bisa hub nomor ini 0878 8644 6411 atau whatsapp klik disini.

Anda Punya Pertanyaan ?