Apa yang Dimaksud Biografi? Pengertian, Ciri-ciri, Struktur dan Jenisnya

Apa itu Biografi

Apa yang Dimaksud Biografi? Pengertian, Ciri-ciri, Struktur dan Jenisnya

Biografi orang terkenal biasanya menjadi panutan untuk lainnya baik karena prestasi, pemikiran, karya dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, muncullah tulisan-tulisan mengenai tokoh tersebut. Maka ketahuilah hal-hal mengenai biografi adalah / apa yang dimaksud biografi?

Pengertian Biografi

Biografi merupakan sebuah tulisan dimana berisi penjelasan tentang kisah dan berbagai keterangan dari seseorang. Secara ringkasnya dapat disebut pula dengan riwayat hidup orang lain yang biasanya mempunyai dampak secara luas.

Pengertian menurut etimologinya berasal dari bahasa Yunani yaitu kata bios yang berarti hidup dan graphien artinya tulisan. Maka biografi merupakan tulisan berisi tentang kehidupan seseorang. Bentuknya pun bisa pendek maupun panjang serta dituliskan oleh orang lain.

Isi dari biografi ialah cerita perjalanan hidup seseorang hampir secara detail mulai dari kelahiran, hal-hal penting dalam hidupnya yang membuatnya terkenal baik melalui karya, prestasi, atau pemikirannya hingga kematiannya.

Apa saja Ciri-ciri Biografi?

Biografi memiliki ciri-ciri tertentu dimana menjadi pembeda dengan lainnya. Hal ini menjadikan tulisan tersebut bisa secara langsung diketahui isi dan tujuannya. Berikut informasi mengenai karakteristik khusus yang membedakan:

  1. Memiliki Struktur Baku

Biografi merupakan tulisan berisi cerita hidup seorang tokoh yang memberi motivasi, dampak positif dan lain sebagainya. Penulisannya sering kali dalam bentuk baku yaitu menggunakan Bahasa Indonesia dengan gaya formal.

Hal ini menjadi salah satu ciri pembeda antara biografi dengan tulisan lainnya seperti cerpen fiksi. Selain itu, dituliskan berdasarkan hal nyata bersumber dari data pribadi hingga cerita orang-orang yang berhubungan dengan sang tokoh.

  1. Isi Tulisan

Isi tulisan dari sebuah biografi merupakan perjalanan hidup mulai dari sejak kelahiran, masa kecil, saat sekolah hingga kelulusan jenjang terakhir, kehidupan keluarga, prestasi dan masih banyak lagi. Secara singkat ialah kumpulan cerita berdasarkan kisah nyata.

Hal ini menjadikan biografi berbeda dengan cerpen atau novel yang mana bersifat fiksi atau buatan. Tulisan mengenai perjalanan hidup seseorang ini berdasarkan pengalaman, cerita orang-orang terkait dan juga bukti-bukti otentik lainnya.

  1. Gaya Penulisan

Gaya penulisan dari biografi cenderung kaku atau baku. Namun, itu semua juga bergantung pada tokoh yang diangkat atau ditulis. Apabila merupakan orang terpandang, terhormat, terlebih lagi pahlawan bangsa maka menggunakan cara menulis formal.

Namun, jika tokoh yang dituliskan selain pahlawan atau orang terhormat namun memberikan dampak positif atau memiliki karya tertentu dapat menggunakan gaya penulisan santai. Bisa dengan sapaan lebih akrab misalnya kalian, kami, kita dan lain sebagainya.

  1. Berisi Motivasi 

Selain mengandung hikmah dan pesan, biografi juga mengandung motivasi untuk pembacanya agar bisa meniru dan menerapkan jejak seperti tokoh yang diangkat cerita hidupnya tersebut. Dapat berupa kata-kata mutiara dari penulis maupun dari figur itu sendiri.

Motivasi ini bertujuan supaya pembaca bisa meniru sikap, perbuatan, karya dan lain sebagainya yang bersifat positif dari tokoh yang diangkat. Tak hanya itu, juga terkadang berperan sebagai pemantik untuk terus berusaha dan tidak menyerah.

Struktur Tulisan Biografi

Selain memiliki ciri-ciri dan juga membahas biografi adalah / apa yang dimaksud biografi? Tak ada salahnya Anda juga belajar struktur tulisan tersebut. Berikut informasi mengenai susunannya dimana berfungsi sebagai kerangkanya:

  1. Orientasi

Orientasi merupakan struktur tulisan pertama dimana berisi mengenai pengenalan secara jelas tentang tokoh utamanya. Hal ini juga berfungsi sebagai pengantar atau pembukaan dari sebuah tulisan jenis biografi. Kemudian, akan berlanjut ke susunan selanjutnya secara halus.

Dengan kata lain orientasi merupakan perkenalan tokoh mulai dari informasi dasar seperti identitasnya hingga menjelaskan orang tua, saudara dan lain sebagainya. Bagian orientasi ini harus dituliskan dengan jelas agar pembaca merasa runtut dalam membaca biografi.

  1. Peristiwa dan Masalah

Struktur kedua dari biografi ialah adanya peristiwa dan masalah dimana semuanya menjadi awal dari kepenulisan tulisan jenis ini. Harus ada peristiwa dan masalah yang menjadi motivasi atau poin penting sehingga patut untuk menjadi sebuah tulisan riwayat hidup.

Isi dari peristiwa dan masalah bisa saja mengenai kondisi tersulit dari tokoh kemudian menemukan cara untuk keluar dari hal tersebut. Hal ini menjadikan tulisan tersebut akan memiliki kekhasan tersendiri dan menjadi motivasi bagi lainnya.

  1. Reorientasi

Pada tahap orientasi merupakan penutup dari serangkaian proses penulisan pada orientasi dan peristiwa serta masalah. Seringkali berupa pandangan atau opini penulis kepada tokoh atau orang luar yang diangkat kisah hidupnya.

Adanya reorientasi ini bersifat opsional yaitu bisa boleh ada dan tidak sehingga mana yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini karena isinya hanya berupa opini penulis dimana seringkali menimbulkan resiko penulisan tidak nyambung dan lain sebagainya.

Mengenal Jenis-jenis Biografi

Biografi memiliki beberapa jenis yang mana terbagi dalam kategori-kategori tersendiri. Hal tersebut menjadikan bentuknya beragam sesuai dengan tujuan dari penulis dalam mengenalkan tokoh utama tulisannya. Berikut informasi mengenai hal tersebut:

  1. Berdasarkan Pembahasan

Biografi berdasarkan pembahasannya terbagi menjadi tiga macam yakni politik, intelektual dan jurnalistik. Ketiga berbeda pada titik fokusnya sehingga menjadikan arah tulisan hanya berfokus pada salah satu di antara hal tersebut.

Politik dan intelektual menggunakan sudut pandang sesuai dengan namanya. Sering kali memiliki tujuan tertentu serta membutuhkan riset dalam penulisannya. Sedangkan, jurnalistik didapatkan dari hasil wawancara baik tokoh langsung maupun orang terkait.

  1. Berdasarkan Penerbit

Biografi berdasarkan penerbitnya terbagi menjadi dua yaitu sendiri dan subsidi. Apabila penerbit mengurus segala hal mulai dari penulisan ke pencetakan hingga distribusi secara mandiri. Bertujuan untuk mendapatkan perhatian masyarakat sebagai pembeli.

Sedangkan, subsidi merupakan penerbitan buku yang sifatnya komersial dan memiliki penanggung jawab khusus misalnya sponsor. Tidak berorientasi pada kepopulerannya di masyarakat sehingga terkadang harga jualnya terlalu tinggi.

  1. Berdasarkan Isinya

Biografi berdasarkan isinya terdapat dua macam yakni berisi perjalanan hidup seseorang yang penuh makan dan juga mengenai karirnya dimana diyakini dapat memberikan motivasi. Keduanya sama-sama memberikan tujuan untuk menceritakan kehebatan tokoh utama.

Dalam perjalanan hidup diceritakan secara detail dari sejak kelahiran hingga kematian dengan menitikberatkan pada hal-hal yang berkesan. Sedangkan untuk karir, tentu saja berfokus pada hal tersebut dari awal sampai mencapai titik keberhasilannya dan posisi saat ini.

  1. Berdasarkan Sisi Penulisnya

Dilihat dari sisi penulisnya, biografi terdiri dari dua macam yaitu autobiografi dan biografi. Perbedaannya terlihat dari siapa yang membuat tulisan riwayat hidup tersebut. Hal ini karena siapa saja bisa menuliskan kisah hidup seseorang maupun dirinya sendiri.

Autobiografi ialah sebuah tulisan riwayat hidup dimana penulisnya ialah diri sendiri. Sedangkan biografi adalah segala hal berhubungan dengan kehidupan orang lain yang mana dituliskan oleh pengarang (bukan dari pemilik kisahnya secara langsung).

Mengetahui pengertian dari biografi secara jelas akan memberikan informasi yang benar mengenai tulisan tersebut. Tentu juga akan membantu apabila Anda adalah seseorang dengan profesi menuliskan cerita hidup orang atau toh tertentu. Dengan begitu terjawab sudah pertanyaan biografi adalah / apa yang dimaksud biografi?